Kenali Ukuran Solar Panel yang Ideal, Tips, dan Aplikasinya Secara Detail

Adapun ukuran solar panel yang digunakan untuk kebutuhan rumah tangga pasti berbeda dengan yang ada di luar angkasa. Oleh karena itu, setiap panel surya memiliki ukuran solar panel idealnya masing-masing. Anda penasaran? Yuk, baca artikel berikut ini yang akan membahas informasinya secara lengkap!

Berapa Ukuran Panel Surya?

Biasanya ukuran solar panel yang sering digunakan di rumah yaitu 72 sel surya dan 60 sel surya. Secara ukuran, panel surya 72 sel jauh lebih besar daripada panel surya 60 sel. Semakin besar jumlah sel surya maka ukurannya juga semakin besar. 

Ukuran panel surya yang besar tentunya akan menghasilkan daya yang besar juga. Walaupun panel surya dengan ukuran besar dan kecil mempunyai tingkat efisiensi yang sama. Namun, kelebihan dari panel surya yang berukuran kecil terbukti lebih efektif dan bisa mempunyai daya yang tinggi.

Sel surya 60 mempunyai ukuran dimensi 39 inxi x 65 inci dengan luasnya 1,63 m2. Sedangkan, sel surya 72 memiliki luas 1,94 m2 dan dimensinya yaitu 39 inci x 77 inci. Panel surya 60 sel hadir dengan 10 sel surya tinggi dan 6 sel lebar

Panel surya 72 sel punya variasi 12 sel tinggi dan 6 sel lebar. Lain halnya dengan sel surya tunggal yang mempunyai ukuran standar yaitu 6,14 inci persegi. Dengan adanya ukuran tersebut, Anda bisa mengetahui kebutuhan panel surya yang akan dipasang pada atap rumah.

Tips Memasang Panel Surya

Tidak hanya ukuran solar panel saja yang perlu diperhatikan, Anda juga memerlukan tips tertentu sebelum memasang panel surya di rumah. Tips yang pertama, Anda harus memilih lokasi yang tepat dan terbaik. Pastikan, lokasi pemasangan solar panel berada di atas rumah.

Tujuannya agar solar panel bisa terkena cahaya matahari secara langsung tanpa adanya penghalang. Anda juga perlu memperhatikan noise di sekitar yang mungkin akan mengganggu performa panel surya tersebut. Seperti bangunan atau pohon yang bisa menjadi penghalang.

Tips kedua adalah Anda harus menyediakan berbagai komponen panel surya yang tahan lama dan berkualitas. Jika kasusnya seperti ini maka Anda bisa membelinya melalui perusahan yang sudah terpercaya karena layanan yang diberikan pasti lebih profesional dan ada garansi resminya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *