Hati-Hati Gigi Palsu Bogor Lepas! Ini Makanan Dan Minuman Yang Harus Dihindari

Para pengguna gigi palsu Bogor mungkin perlu penyesuaian dalam keseharian mereka, termasuk menjadi lebih selektif dalam mengkonsumsi makanan atau minuman. Hal ini tentunya demi menjaga keawetan gigi tiruan.

Sayangnya, pengguna gigi tiruan harus menghindari beberapa jenis makanan dan minuman favoritnya. Mari simak daftarnya berikut ini!

Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari

  1. Makanan lengket

Apakah anda penggemar makanan manis yang lengket seperti permen karamel, loli, buah kering, selai kacang, atau marshmallow? Jika iya, anda harus menghindari jenis makanan satu ini.

Konsumsi makanan bertekstur lengket berisiko membuat gigi tiruan anda terlepas, dan butuh perbaikan ke dokter gigi.

Sisa makanannya pun lebih sulit dibersihkan, yang mana dapat menimbulkan iritasi pada gusi dan masalah kesehatan lain karena makanan tersebut tinggi gula.

  1. Bertekstur keras

Memaksa gigi palsu menggigit dan mengunyah makanan keras seperti kacang dapat merusak gigi tiruan, bahkan membuatnya retak. Anda harus menghindari makanan ini, baik buah-buahan sekali pun.

Makanan keras seperti jagung, wortel mentah, juga apel butuh tekanan lebih untuk menggigitnya, padahal tekanan tidak terdistribusi ke seluruh bagian mulut.

  1. Daging alot

Penikmat daging steak, iga, dan sejenisnya juga harus mulai selektif bahkan berhenti menikmatinya. Daging yang membutuhkan proses mengunyah lebih banyak membuat gigi tiruan stres dan menekan gusi.

Apabila masih ingin menikmatinya, masaklah daging hingga benar-benar empuk.

  1. Meninggalkan noda 

Sama seperti gigi normal, makanan dan minuman yang meninggalkan noda cenderung sulit dihilangkan dan mempengaruhi penampilan.

Demi menjaga penampilan gigi tetap putih natural, hindarilah makanan minuman berpewarna kuat, misalnya kopi, teh, saus pekat, juga buah beri.

Merokok juga perlu dihindari untuk mencegah noda, meningkatkan risiko kesehatan mulut dan tubuh anda.

Makanan Apa yang Direkomendasikan?

Ketika anda sudah terbiasa menggunakan gigi tiruan, mungkin tak masalah untuk mengonsumsi makanan yang disebutkan di atas. Bagi yang belum terbiasa, berikut rekomendasinya :

  • Hummus, krim keju lembut
  • Buah matang dan lembut seperti pisang, persik, mangga
  • Daging giling
  • Sayuran rebus atau ditumis

Itulah daftar makanan dan minuman yang perlu dihindari ketika anda menggunakan gigi palsu Bogor. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *