5 Cara Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut ala Klinik Gigi Di Semarang

Kesehatan gigi dan mulut harus selalu diperhatikan agar tidak mudah terserang penyakit dan jadi lebih percaya diri. Selain periksa rutin ke klinik gigi di Semarang, perawatan gigi dan mulut dapat dilakukan di rumah. Salah satunya adalah dengan menjaga kebersihan gigi. Tak hanya itu, Anda dapat melakukan cara-cara berikut ini supaya gigi dan mulut senantiasa sehat.

Cara Tepat Merawat Kesehatan Gigi dan Mulut

  1. Sikat Gigi Dua Kali Sehari

Cara paling sederhana sekaligus paling utama untuk menjaga kesehatan mulut adalah sikat gigi dua kali sehari. Meski begitu, jangan sembarangan dalam menggosok gigi agar bersih maksimal.

Menyikat gigi sebaiknya tidak dilakukan secara terburu-buru. Anda dapat meluangkan waktu sekitar dua menit untuk menyikat gigi secara menyeluruh dengan gerakan melingkar bolak-balik. Dengan begitu, plak yang menempel di gigi akan terangkat dan tidak menumpuk menjadi karang.

Selain itu, sikatlah gigi pada bagian luar, dalam, dan permukaan gigi yang digunakan untuk mengunyah. Cara ini efektif membantu mengangkat sisa-sisa makanan di celah gigi.

  1. Bersihkan Bagian Lidah

Bukan hanya gigi yang harus dibersihkan, lidah juga harus dibersihkan agar tidak ada plak yang menumpuk. Membersihkan lidah dapat dilakukan dengan sikat gigi atau pembersih lidah. Selain menghindari plak, membersihkan gigi juga membantu mengurangi bau mulut.

  1. Gunakan Pasta Gigi Berfluoride Saat Menyikat Gigi

Cara ketiga ala klinik gigi di Semarang adalah menggunakan pasta gigi berfluoride. Kandungan fluoride pada pasta gigi akan membantu mempertahankan kesehatan gigi sekaligus meminimalisir kerusakan. Kandungan ini juga ampuh melawan kuman yang menyebabkan pembusukan. Selain itu, fluoride pada pasta gigi berfungsi memberikan penghalang pelindung untuk gigi.

  1. Gunakan Obat Kumur

Sebagian orang mungkin menganggap obat kumur tidak terlalu penting. Padahal, anggapan ini kurang tepat, karena menggunakan obat kumur dapat membantu menjaga kesehatan gigi dan mulut. Kandungan pada obat kumur juga ampuh mengurangi jumlah asam di mulut.

Selain itu, obat kumur dapat menjangkau area-area yang sulit disikat, sehingga pembersihannya jadi lebih maksimal. Lebih lanjut, obat kumur bisa membantu mengembalikan mineralisasi gigi.

  1. Bersihkan Gigi dengan Flossing

Untuk mendapatkan hasil yang bersih maksimal, Anda dapat melakukan flossing atau membersihkan gigi dengan benang. Cara ini dapat membantu mengangkat sisa-sisa makanan yang berukuran kecil yang tersangkut di sela-sela gigi. Selain itu, flossing juga berfungsi mengurangi plak, merangsang gusi, dan membantu meredakan peradangan di daerah sekitar gigi dan gusi.

Lakukan lima cara di atas untuk menjaga kebersihan gigi dan mulut supaya tetap sehat. Anda juga perlu melakukan pemeriksaan secara rutin, minimal 6 bulan sekali ke klinik gigi di Semarang supaya terhindar dari masalah kesehatan gigi dan mulut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *