Mengenal Pengertian dan Cara Kerja Panel Tenaga Surya Untuk Rumah

Penggunaan panel tenaga surya untuk rumah kini menjadi solusi pembangkit listrik yang lebih ekonomis. Namun ternyata, masih banyak orang yang belum mengetahui apa itu panel tenaga surya. Oleh karena itu, pada artikel ini akan dibahas mengenai pengertian panel tenaga surya berikut dengan cara kerjanya. 

Pengertian Panel Tenaga Surya

Panel tenaga surya merupakan perangkat dengan kumpulan sel surya yang memiliki fungsi untuk menyerap sinar matahari lalu mengubahnya menjadi sumber energi listrik. Sel surya sendiri terbentuk dari berbagai macam komponen photovoltaic yang memiliki kemampuan mengubah energi matahari menjadi energi listrik. 

Sel surya umumnya berupa lapisan silikon yang bersifat semikonduktor, anti reflektif, metal, dan strip konduktor metal. Jumlah susunan sel surya pada panel akan selaras dengan energi yang dihasilkan. Semakin banyak jumlah sel surya yang digunakan maka akan semakin besar pula energi matahari yang bisa diubah menjadi energi listrik. 

Bagaimana Cara Kerja Panel Tenaga Surya? 

Panel tenaga surya untuk rumah maupun beberapa bangunan lain umumnya diletakan pada bagian atap. Hal ini bertujuan agar sel-sel surya pada panel dapat menyerap cahaya matahari secara optimal. 

Cahaya matahari tersebut kemudian akan diubah menjadi arus listrik DC (searah) dan dikirim lewat sistem inverter untuk diubah lagi menjadi arus listrik AC (bolak-balik). Arus listrik AC ini merupakan jenis energi yang digunakan di sebagian besar rumah untuk  menghidupkan berbagai peralatan elektronik seperti kulkas, televisi, pendingin ruangan dan masih banyak lagi. 

Arus listrik yang dihasilkan oleh panel tenaga surya akan disimpan di dalam baterai. Saat kondisi cahaya yang minim, misalnya pada malam hari atau ketika cuaca mendung, arus listrik yang ada pada baterai dapat digunakan untuk menghidupkan alat-alat rumah tangga yang membutuhkan aliran listrik. 

Itulah ulasan singkat terkait pengertian dan cara kerja panel tenaga surya untuk rumah.  Berminat menggunakannya? Siapkan terlebih dahulu dana yang cukup karena biaya pemasangan panel tenaga surya relatif mahal. Untuk mengetahui biaya pastinya, Anda bisa bertanya pada beberapa distributor panel surya dengan reputasi yang baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *