4 Hal Yang Harus Diketahui Sebelum Memasang Panel Surya Untuk Rumah

Panel surya untuk rumah saat ini menjadi komponen penting untuk hunian. Panel surya ini adalah sumber listrik yang baik untuk dipasang di rumah Anda. Tujuan pemasangan panel surya ini untuk memaksimalkan serapan matahari dan diproses menjadi energi listrik. Panel surya ini biasanya dipasang untuk menghemat biaya listrik yang dikeluarkan. Jika Anda tertarik untuk memasang panel surya ini, pertimbangkan hal dibawah ini. 

  1. Tagihan Listrik Lebih Murah 

Saat ingin memasang panel surya untuk hunian, pastikan Anda mengetahui keunggulan dari panel surya itu sendiri. Panel surya ini ramah terhadap lingkungan sehingga cocok sekali bagi anda yang ingin hidup lebih sehat dan go green. Keunggulan panel surya lainnya adalah mampu menghemat tagihan listrik rumah. Anda bisa menghemat budget pembayaran listrik hingga 60%. Energi listrik dari panel surya untuk rumah ini bisa dipakai untuk mengisi cadangan energi untuk listrik rumah Anda.  Saat Anda ingin memasang panel surya ini, Anda harus memperoleh izin dari perusahaan listrik dan pemerintah. Jadi, tak bisa sembarangan dipasang di rumah Anda. 

  1. Bisa Dipasang di Segala Cuaca dan Iklim 

Pada dasarnya panel surya ini membutuhkan sinar matahari untuk memperoleh lebih banyak energi yang dihasilkan. Tetapi, panel surya ini bisa dipasang dalam segala suasana, cuaca, dan iklim. Anda masih bisa memasang panel ini saat kondisi hujan, salju, dingin, ataupun musim semi karena panel surya untuk rumah ini sudah menyimpan energi panas dari sinar matahari. Tentu saja Anda bisa mengeluarkan energi yang disimpan tersebut saat cuaca sedang tak mendukung. Anda masih bisa memperoleh energi listrik di saat matahari tak bersinar terang. Panel surya ini sebenarnya cocok dipasang untuk daerah yang memiliki cuaca panas dan sinar matahari yang terik. 

  1. Tak Memakai Atap Baru 

Panel surya ini tak hanya memakai paparan cahaya matahari. Tetapi, panel ini juga membutuhkan atap rumah yang miring. Biasanya bentuk atap rumah di Indonesia miring sehingga cocok untuk dipasangi panel surya. Bila Anda tertarik memasang panel surya, Anda tak perlu mengubah bentuk atap karena akan memperoleh pencahayaan dari sinar matahari secara maksimal untuk hunian Anda. 

  1. Garansi Lama 

Panel surya untuk rumah ini biasanya dijual dengan berbagai range harga. Harganya relatif kompetitif sehingga garansi yang diberikan biasanya lama. Pihak produsen biasanya memberikan garansi 25-30 tahun untuk setiap produk panel surya itu. Biasanya panel surya ini bisa kehilangan efisiensi setiap tahunnya sebesar 0.5% sehingga Anda harus membersihkan dan merawat panel ini agar bisa bertahan lebih lama. Itulah tadi beberapa hal sebelum memasang panel surya untuk rumah untuk menghasilkan energi listrik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *